Depan : Berita : Solusi untuk PTS Indonesia

Solusi untuk PTS Indonesia

DEPOK – Meski dianggap berperan vital, pembiayaan pendidikan masih menjadi kendala dan tantangan terbesar bagi para pengelola  perguruan tinggi di Indonesia, khususnya perguruan tinggi swasta. Banyak perguruan tinggi swasta yang tidak berkembang, ”hidup segan mati tak mau”, sampai ada yang memilih membubarkan sekolahnya karena permasalahan pembiayaan dan strategi keberlanjutan lembaga.

Demikian dikatakan Manager Training Public Interest Reseach and Advocacy Center (PIRAC), Nor Hiqmah di Depok, Kamis (10/5/2012).

Dikatakan Hiqmah, salah satu penyebab “hidup segan, mati tak mau”, perguruan tinggi swasta itu adalah karenaminimnya pengetahuan dan keterampilan pengelola perguruan tinggi tersebut dalam melakukan fundraising  atau menggalang dukungan dan sumber daya (dana, jaringan, in kind, kerelawanan, dan bentuk sumber daya lainnya) untuk pembiayaan dan keberlanjutan lembaga pendidikannya.

“Karena minimnya kapasitas fundraising, mereka umumnya menempuh cara pragmatis untuk mengatasi persoalan pembiayaan dengan membebani biaya pendidikan yang cukup mahal kepada mahasiswa,” tutur Hiqmah.

Untuk itu, Sekolah Fundraising PIRAC mencoba memberikan kesempatan kepada pengelola perguruan tinggi swasta dan termasuk pengurus yayasan guna mengikuti pelatihan kiat fundraising yang dikhususkan untuk pengelola perguruan tinggi tersebut.

Dalam hal ini Sekolah Fundraising PIRAC bekerjasama dengan STIAMI Jakarta mengangkat topik pelatihan,  “Sukses Menggalang Dana untuk Pembiayaan dan Keberlanjutan Sekolah Perguruan Tinggi”. Training ini diadakan di The Village Bumi Kedamaian – Ds Pancawati Ciawi Bogor, Selasa – Kamis, 26 – 28 Juni 2012.

Training ini, lanjut Hiqmah, akan membahas tuntas; kiat-kiat Perguruan Tinggi dalam menggalang dukungan dan sumber daya untuk pendanaan dan keberlanjutan program dan lembaganya, strategi penggalangan dana/ daya yang efektif untuk Perguruan Tinggi, sumber dana/daya dapat diperoleh, sumber daya/ donatur, baik dari individual maupun lembaga yang sesuai untuk bidang pendidikan Perguruan Tinggi, memastikan Lembaga perguruan tinggi sesuai dengan kriteria donator/pemberi dana, cara membuat proposal penggalangan dana yang efektif, Menyusun tim penggalangan dana yang efektif di lembaga pendidikan, kiat hubungan yang  baik dengan para  donatur/ pemberi dana.

Bagi yang berminat sudah dapat mendaftar melalui Sekolah Fundraising PIRAC dengan contact person Kontak Person: Fahmi, STIAMI  (085692276924), M. Yusuf, Sekolah Fundraising (021- 7756071, 082157700888) – Maifil

Lihat juga

Jalan-Jalan Sejarah Keberagaman Depok Tempo Doeloe

SIARAN PERS Kampanyekan Keberagaman, Masyarakat Sipil Depok Gelar Napak Tilas Sejarah   Depok, 13 Agustus 2019  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *