Depan : Buku : Sumbangan Sosial Perusahaan

Sumbangan Sosial Perusahaan

Sumbangan perusahaan merupakan salah satu dana social yang potensial di Indonesia. Potensi dana ini dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan meningkatnya minat perusahaan di Indonesia untuk member sumbangan atau terlibat dalam kegiatan sosial. Peningkatan itu terlihat dari maraknya kegiatan sosial yang didukung atau didanai perusahaan yang terekam dalam liputan media.

Besarnya potensi dana sosial perusahaan tergambar dalam dua penelitian PIRAC mengenai “Pola dan Potensi Derma Perusahaan”. Penelitian awal PIRAC menganalisa aktivitas derma dan sosial perusahaan  yang terekam dalam liputan dan dokumentasi madia selama tahun 2001. Dalam kurun waktu tersebut tercatat ada 279 kegiatan penyaluran dana dan kegiatan sosial yang dilakukan 180 perusahaan. Adapun jumlah dana sosial yang dialokasikan oleh perusahaan mencapai Rp. 115,3 milyar.

Data tersebut terkonfirmasi dalam survei lanjutan PIRAC tahun 2003 yang melibatkan 226 perusahaan di sepuluh kota besar di Indonesia sebagai respondennya. Hampir semua perusahaan (93%) mengaku pernah memberika n sumbangan dalam tiga tahun terakhir. Sementara alokasi dana yang disumbangkan adalah Rp. 236 juta/tahun (perusahaan multinasional), Rp. 45 juta/tahun (perusahaan nasional), Rp 16 juta/tahun (perusahaan lokal), dengan rata-rata sumbangan Rp. 60 juta/tahun. Jumlah itu akan terus meningkat karena perusahaan berkomitmen akan menaikkan jumlah sumbangannya jika mendapatkan reward yang memadai, misalnya pemotongan pajak.

Meski potensinya cukup besar, penyaluran sumbangan belum dilakukan secara terencana dan terfokus. Pemberian sumbangan selama ini lebih bersifat insidentil. Atau dapat dikatakan sekedar merespon permintaan sumbangan. Pendayagunaan sumbanganpun masih terbatas pada hal-hal yang sifatnya charity dan kebutuhan jangka pendek.

Dana sosial perusahaan, dengan segala plus minusnya, tetap menjadi salah satu sumber alternative dana sosial yang potensial. Karena itu, penelitian mengenai dana sosial perusahaan ini merupakan proyek yang amat penting untuk mengetahui secara lebih valid potensi, pola dan perilaku perusahaan dalam membelanjakan dana sosialnya.

ISBN 979-97762-0-1

Lihat juga

Kebijakan Insentif Perpajakan Untuk Organisasi Nirlaba

Kebijakan Insentif Perpajakan untuk Organisasi Nirlaba – Pengalaman Mancanegara Salah satu faktor pendorong berkembangnya sektor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *