Depan : Filantropi : 10 Prediksi Filantropi Perempuan

10 Prediksi Filantropi Perempuan

Ninik Annisa, Researcher of PIRAC

Perkembangan filantropi terus bergerak ke arah yang lebih luas baik dari isu dan bidang garapan, maupun sector kelompok masyarakat yang bergerak ataupun yang dituju. Salah satu yang telah bergerak sejak dulu dan mengiringi perkembangan zaman adalah filantropi perempuan. Perkembangan filantropi perempuan sendiri telah mengarah kepada kondisi yang membaik.

Berikut ini adalah 10 prediksi filantropi perempuan yang disampaikan oleh Sondra C. Shaw dan Martha A. Taylor (1995), dimana beberapa diantaranya telah muncul bahkan berjalan khususnya di Indonesia.

1.    Perempuan akan mengambil peran yang lebih besar dalam mengontrol resource mereka.

2.    Perempuan akan memberikan hadiah-hadiah filantropis lebih besar secara meningkat.

3.    Kebanyakan lembaga akan memulai memantapkan kepemimpinan perempuan dan memberikan program-program bagi perempuan.

4.    Para pengurus nonprofit akan menjadi lebih seimbang dengan menghormati gendernya.

5.    Gaya baru dari kampanye modal akan dikembangkan untuk mendorong hubungan saling berbagi dan bertanggungjawab daripada kompetisi.

6.    Dana-dana perempuan, kelompok-kelompok politik perempuan, dan organisasi-organisasi akar-rumput akan berlanjut untuk mendapatkan dukungan kaum perempuan.

7.    Perempuan akan meminjamkan pemberian mereka untuk meyakinkan bahwa kepentingan dan nilai mereka sesuai dengan dana filantropi mereka.

8.    Perempuan akan berasumsi posisi-posisi kepemimpinan filantropis yang teratas sebagai penggalang dana sukarela dan pelayan pembangunan.

9.    Karena perempuan bergerak ke arah posisi pengambil keputusan dalam perusahaan-perusahaan, mereka akan langsung memberikan bantuan kerjasama kepada program-program dengan isu-isu yang merefleksikan nilai-nilai mereka.

10.    Perempuan akan memaksa akuntabilitas yang lebih besar agar dicanangkan dan dipublikasikan oleh organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga.

Disunting oleh Ninik Annisa, Researcher of PIRAC

Lihat juga

Dewan Pers Jaring Masukan Kode Etik Filantropi Media Massa

JAKARTA- Penyusunan kode etik filantropi mediamassa memasuki tahapan penjaringan masukan dari masyarakat. Dewan pers telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *