Depan : Buku : Fundraising Database

Fundraising Database

Salah satu kelemahan mendasar dari organisasi sosial/LSM dalam menggalang dana (fundraising) adalah minimnya upaya untuk melakukan pengelolaan dan perawatan donatur/penyumbang. Yang lebih parah lagi, banyak di antara mereka yang belum memperhatikan dan memenuhi hak-hak dasar dari para donatur.

Beberapa hak donatur seperti mendapatkan penghargaan/ucapan terima kasih, menerima laporan pertanggungjawaban, dll belum banyak dipenuhi oleh lembaga sosial penggalang dana. Banyak di antara mereka yang hanya melakukan komunikasi hanya pada saat membutuhkan sumbangan, setelah mendapatkannya, donatur tak pernah dihubungi dan diperhatikan.

Upaya pengelolaan dan perawatan donatur hanya bisa dilakukan kalau lembaga sosial memiliki database donatur. Karena itu, database donatur merupakan kunci utama dalam menjalin komunikasi dan membangun loyalitas donatur. Database yang bagus bisa membantu kita dalam mengirimkan ucapan terima kasih, mengucapkan selamat ulang tahun, mengirim kartu duka cita, menghadirkan souvenir, atau upaya lainnya yang bisa menumbuhkan kepercayaan dan kesan yang mendalam pada diri donatur.

Buku mengenai Fundraising Database ini dirancang sebagai buku panduan atau “how to” bagi aktivis organisasi sosial yang ingin membangun database bagi kegiatan fundraising di lembaganya. Buku ini berisi berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun dan mengelola database fundraising dengan menggunakan program Microsoft Access, termasuk panduan, tips praktis dan latihan yang bisa diaplikasikan secara langsung.

Lihat juga

Kebijakan Insentif Perpajakan Untuk Organisasi Nirlaba

Kebijakan Insentif Perpajakan untuk Organisasi Nirlaba – Pengalaman Mancanegara Salah satu faktor pendorong berkembangnya sektor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *