Depan : Berita : 2 Trainer PIRAC Melatih Perempuan di NTB

2 Trainer PIRAC Melatih Perempuan di NTB

Hamid Abidin, M.Si, Direktur Eksekutif PIRAC
Ninik Annisa, Researcher PIRAC

DEPOK – Terhitung Senin (11/6/2012) hingga esok, 2 trainer PIRAC Hamid Abidin dan Ninik Annisa melatih sekitar 30 perempuan di Nusa Tenggara Barat (NTB) Pelatihan ini bertajuk “Crating Winning Fundraising For Women Empowerment.”

Menurut Manager Pelatihan PIRAC, Nor Hiqmah, pelatihan selama 2 hari ini diadakan oleh Oxfam Mataram bersama LSM Perempuan di NTB sebagai Mitra Oxfam di sana.

Training ini menjadi salah satu sarana bagi mitra Oxfam agar dapat menangkap peluang sumber pendanaan dan mobilisasi sumberdaya. Training ini  mengantarkan organisasi Mitra Oxfam di NTB untuk memahami cara bekerja pengalangan sumberdaya secara kreatif dan inovatif.

Hasil survei PIRAC, kata Hiqmah, menunjukkan tingkat kedermawaan kaum perempuan cukup tinggi yakni 99,7%, dengan rata-rata sumbangan mencapai Rp. 843.436/orang/tahun. Tak hanya individu perempuan, dukungan untuk program perempuanpun datang dari perusahaan lewat CSR-nya, donor internasional maupun pemerintah.

“Tentunya survey tersebut membuktikan, program pemberdayaan perempuan saat ini mulai menjadi perhatian publik dan sektor swasta/perusahaan. Kegiatan fundraising untuk program pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh organisasi perempuan, yayasan sosial atau OPZ (Organisasi Pengelola Zakat) juga mendapatkan dukungan/sumbangan yang cukup siginifikan,” jelasnya.

Sejauh ini, tambahnya, belum banyak organisasi yang mampu memanfaatkan peluang fundraising untuk program perempuan ini, sehingga banyak organisasi merasa kurang mendapatkan dukungan dari publik. Sangat beruntunglah Mitra Oxfam di NTT yang mendapat pelatihan dari PIRAC, mendapat pengalaman dan keahlian dalam berfundraising. LSM mana berikutnya? – maifil

Lihat juga

Peringati Hari Ciliwung, Komunitas Depok Gelar Pameran dan Diskusi di Pinggir Sungai

Depok, 17 November 2019  – Dalam rangka memperingati Hari Ciliwung ke-8, komunitas cinta sungai Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *