Depan : Buku : In Kind Fundraising

In Kind Fundraising

Meski belum banyak dilakukan, penggalangan hibah barang (In Kind Fundraising) merupakan strategi yang bisa ditempuh untuk mendukung pendanaan operasional dan menjamin keberlanjutan lembaga. Berbagai lembaga di luar negeri, seperti Oxfam sudah membuktikan bahwa mereka bisa eksis melalui strategi penggalangan hibah barang. Sejumlah LSM di dalam negeri juga bisa menjadi bukti keberhasilan strategi tersebut. Salah satunya adalah Yasmin (Yayasan Imdad Mustdh’afin) yang berhasil mendanai program dan lembaganya melalui pengelolaan program hibah barang bekas.

Hibah barang bekas bisa menjadi strategi fundraising alternatif di tengah ketatnya persaingan antar lembaga nirlaba dalam “memperebutkan” sumbangan masyarakat dalam bentk dan. Dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi, maka lembaga yang sudah mapan dan memiliki kemampuan membiayai promosi, yang aka n keluar sebagai pemenang. Sebaliknya, bagi lembaga yang tengah berkembang, biasanya terganjal kendala dalam hal berpromosi. Penggalangan hibah barang bisa menjadi solusi karena selama ini belum digarap oleh sebagian besar organisasi sosial di Indonesia.

Buku “In Kind Fundraising” ini dirancang sebagai buku panduan atau “how to” bagi akt ivis organisasi sosial mengenai penggalangan hibah barang. Buku ini memaparkan berbagai tahapan yang harus dilalui dalam merancang sebuah program penggalangan in kind. Selain itu, penulis juga akan menggambarkan berbagai faktor yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan penggalangan hibah barang. Buku ini juga akan dilengkapi dengan tips-tips yang bermanfaat dalam menggalang sumbangan in kind dari masyarakat.

Lihat juga

Kebijakan Insentif Perpajakan Untuk Organisasi Nirlaba

Kebijakan Insentif Perpajakan untuk Organisasi Nirlaba – Pengalaman Mancanegara Salah satu faktor pendorong berkembangnya sektor …

Satu komentar

  1. Febiyanti Sedjie

    Apakah Buku “Berbagi Untuk Negeri” karya Hamid Abidin masih ada??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *