Depan : Berita : Sistem Ushahidi Tunjang Pelaporan Lembaga Penerima Hibah

Sistem Ushahidi Tunjang Pelaporan Lembaga Penerima Hibah

JAKARTA – Sistem pelaporan Ushahidi sudah dibuat bagus-bagus, tapi masih banyak dari lembaga penerima hibah Ford Foundation melalui Cipta Media Bersama (CMB) yang belum memanfaatkan sistem pelaporan yang dibuat realtime ini.

Hal itu dikatakan Siska Doviana (Ketua Umum Wikimedia Indonesia periode 2010-2012) kepada peserta Pelatihan Sistem Pelaporan Ushahidi dan Sosial Media, yang diikuti Staf FundraisingMedia.info dari Sekolah Fundraising PIRAC dan Tim Indonesian Street Art Database  (ISAD), bertempat di basecame Wikimedia, FX Residence, Sudirman, Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Menurut Siska, pemanfaatan sistem Ushahidi memungkinkan komunikasi multi arah, antar sesama lembaga penerima hibah, dari lembaga penerima hibah dengan anggota komunitasnya dan yang paling penting pengarsipan kegiatan dan laporan.

Update untuk Ushahidi, kata Siska dapat diakses melalui SMS dan RSS. Dengan SMS memungkinkan interaksi kepada nomor ponsel terdaftar menerima informasi secara realtime tanpa harus online ke internet. Penerima juga dapat memberi tanggapan terhadap pesan singkat yang dikirim dari mana saja.

Sementara, fungsi RSS merupakan sistem yang langsung mengindex artikel yang baru saja diupdate di web masing-masing dan akan muncul di halaman lapor.ciptabersama.org.

“Keteraturan pelaporan, sangat mendukung kesuksesan dari lembaga penerimah hibah melaksanakan aktivitas sesuai proposal yang diajukan dan sangat memberikan pertimbangan untuk pencairan dana berikutnya,” kata Siska mengakhiri.  Pelatihan ini juga didampingi oleh tim Wikimedia Hendra Prastiawan. – Maifil

 

Lihat juga

Bersinergi Mengatasi Sampah Perkotaan

Permasalahan lingkungan tidak bisa hanya ditangani dari perspektif lingkungan tetapi harus juga melibatkan aktor-aktor lain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *