Depan : Berita : Peluang dan Tantangan IT untuk Fundraising Media Komunitas

Peluang dan Tantangan IT untuk Fundraising Media Komunitas

JAKARTA – Pada FGD ke 3 Sekolah Fundraising Pirac yang diselenggarakan 29 November 2012 di Hotel Mega Proklamasi Jakarta yang mengangkat tema tema “Pengembangan Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Fundraising Media Komunitas”.

Dalam kegiatan ini, tereksplorasi begitu banyak peluang fundraising yang bisa dilakukan oleh Radio Komunitas (Rakom) dengan mengunakan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Fasilitator FGD Hamid Abidin mengungkapkan, bahwa pengelolaan fundraising radio komunitas mengunakan TIK sebenarnya bukan hal yang baru. Banyak Radio Komunitas yang sudah menggalang dana melalui teknologi informasi salah satunya radionya itu sendiri.

Radio Cimbuak misalnya,  melalui radio inilah mereka bisa menyatukan masyarakat Minang untuk berkumpul, mereka kadang bertemu untuk silaturahmi dan menggalang dana untuk menghidupi radio Cibuak ini. Radio Mpass, Bandung juga pernah menggalang dana atau fundraising melalui radionya saat pengumpulan bantuan untuk bencana banjir dan tanah longsor.

“Radio sebagai sarana komunikasi merupakan media fundraising yang efektif,” papar Hamid Abidin.

Hamid menegaskan, juga bahwa radio bisa saja memperluas jangkauannya dengan mengunakan streeming, sehingga bisa dikenal tidak hanya ditingkat lokal komunitasnya tapi bahkan menginternasional. Melalui IT ini, kegiatan fundraisingpun bisa dimungkinkan meluas, tidak hanya ditingkat komunitasnya tapi juga diluar komunitasnya. Dana bantuan untuk operasional maupun program yang diusung oleh radio komunitas bisa datang dari mana saja.

Tantangannya adalah, ketika radio komunitas ini meluaskan jangkauan, maka ancaman untuk tercerabut dari komunitas menjadi menjadi semakin besar. Padahal lahirnya radio komunitas berawal dari dukungan dan rasa memiliki dari komunitas. Kehadiran komunitas menjadi roh dari radio komunitas ini. Jadi bila ingin melakukan fundraising, komunitaslah menjadi lini pertama untuk memberikan dukungan ke radio komunitas.- Nor Hiqmah, Sekolah Fundraising PIRAC

Lihat juga

Bersinergi Mengatasi Sampah Perkotaan

Permasalahan lingkungan tidak bisa hanya ditangani dari perspektif lingkungan tetapi harus juga melibatkan aktor-aktor lain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *