Depan : Berita : Lagi, Sekolah Fundraising PIRAC Luluskan 18 Fundraiser

Lagi, Sekolah Fundraising PIRAC Luluskan 18 Fundraiser

CISARUA – Sekitar 18 Fundraiser yang berasal dari berbagai instansi dan LSM, usai mengikuti pelatihan di Sekolah Fundriasing PIRAC. Pelatihan ini diadakan di Hotel Lembah Nyiur, Cisarua, Puncak, Bogor, 22-24 Januari 2013.

Pelatihan bertajuk “Corporate Fundraising” ini merupakan bagian dari pelatihan “Become A Successful Fundraiser Training” yang diadakan Sekolah Fundraising PIRAC untuk melahirkan fundraiser yang handal. Lulusan dari pelatihan ini akan tergabung dalam komunitas CRAZY (CReative AmaZing easY) Fundraiser.

Menurut Nor Hiqmah, Kepala Sekolah Fundraising PIRAC, komunitas CRAZY ini akan saling berbagi dan berkomunikasi dalam melakukan fundraising. Bisa saja beberapa hambatan dalam fundraising akan tertuntaskan dengan masukan dari teman-teman komunitas.

Dalam perjalanan fundraising, alumni pelatihan Sekolah Fundraising akan selalu mendapat bimbingan dari Tim Sekolah Fundraising, sehingga pelatihan yang dilaksanakan benar-benar dapat dipraktikan dalam aktivitas fundraising dan menggapai kesuksesan.

Materi yang diajarkan dalam pelatihan corporate fundraising ini, peserta latih diajarkan bagaimana cara memahami corporate filantropi dan CSR bekerja, begitu juga diajarkan bagaimana siklus, mekanisme dan proses penentuan kebijakan.

selain itu peserta juga dilatih menyiapkan organisasi fundraising dan mengidentifikasi, melakukan pemetaan prospek dan perawatan donatur, melakukan mapping dan strategi serta metode penggalangan dana corporate, membuat proposal yang jitu. Peserta juga diajarkan strategi mengemas dan mengkomunikasikan program kepada corporate.

Sedangkan untuk instruktur dalam pelatihan ini, selain menghadirkan pelatih yang sudah berpengalaman di PIRAC, juga menghusung praktisi senior fundraising dan pengelola CSR perusahaan.

Selama mengikuti pelatihan ini, peserta sangat termotivasi dan menyatakan siap turun kelapangan melakukan tugasnya sebagai fundraising. Tercatat yang menjadi peserta pelatihan Corporate Fundraising angkatan IV ini adalah utusan Canadian RedCross (Canada), PMI Pusat, Yapari, Rumah Zakat, Yayasan Angklung Saung Udjo, Yayasan Bale Sumber Daya Sosial (Jombang), Yayasan Pelita Nusantara (Ciamis) dan Majelis Cilik 3 Ciracas.

Lihat juga

Kesiapan Lembaga Filantropi Indonesia dalam Mendukung Pencapaian SDGs

  Ringkasan penelitian tentang kesiapan lembaga filantropi di dalam mendukung pencapaian SDGs dengan menganalisis persepsi, …