Depan : Berita : Peserta dari Berbagai Wilayah Nusantara Ikuti Lokalatih Renstra Fundraising

Peserta dari Berbagai Wilayah Nusantara Ikuti Lokalatih Renstra Fundraising

BOGOR – Sejumlah 15 orang peserta yang berasal dari berbagai lembaga pegiat fundraising menghadiri Lokalatih Renstra Fundraising yang sukses digelar Sekolah Fundraising PIRAC mulai 26-28 Pebruari 2013 di Hotel Lembah Nyiur Cisarua-Bogor.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan keterampilan pesertanya dalam menyusun rencana strategis (renstra) fundraising lembaga itu mendapat perhatian khusus dari tiga organisasi pengelola zakat (OPZ) terbesar di tanah air; BAZNAS, Dompet Dhuafa (DD) dan Baitul Mal Muamalat (BMM). Tidak tanggung-tanggung, DD mengirimkan perwakilannya dari SUmatera Barat, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan barat, Kalimantan timur dan Sulawesi selatan. Selain itu ada juga peserta dari Sanggar Suara Perempuan NTT, Dompet Umat Kalbar dan dari Yayasan Kerja Nyata Indonesia Semarang yang juga ikut berpartisipasi.

Lokalatih yang membahas tentang langkah-langkah penyusunan renstra fundraising lembaga tersebut diikuti dengan serius oleh para peserta. Diawali dengan materi pengenalan dasar-dasar fundraising, peluang dan sumber dana/daya untuk keberlanjutan OMS, pengenalan strategi dan metode penggalangan dana sampai merancang rencana strategis fundraising lembaga secara khusus.

Diharapkan para peserta selepas lokalatih dapat dengan mudah mengaplikasikan langkah-langkah praktis penyusunan renstra fundraising di lembaganya masing-masing.”Dengan mengikuti lokalatih yang berlangsung selama 3 hari 2 malam dengan metode yang mengaktifkan otak kanan untuk merangsang kreatifitas dan ide-ide gemilang serta praktik simulasi”, terang Nor Hiqmah, Manager Training SFP, “kini para peserta telah siap mengaplikasikan materi dan pengalaman yang didapat di lembaga mereka masing-masing”.

Seperti diketahui, masih banyak lembaga pegiat fundraising yang melakukan fundraising secara sporadis tanpa terprogram, kemampuan identifikasi donor yang kurang, lemahnya ketrampilan metode fundraising sampai ketiadaan dokumen renstra yang menjadi pedoman pelaksanaan fundraising. Didukung penyampaian para pemateri yang berpengalaman di bidangnya, rangkaian materi yang termasuk kategori level menengah tersebut dapat dipahami dengan mudah oleh para peserta lokalatih.

“Sekolah Fundraising PIRAC juga melayani fasilitasi bagi lembaga yang ingin melakukan penyusunan renstra fundraising secara khusus dengan output dokumen renstra lembaga dengan program real tahunan dan jangka panjang. Silakan hubungi kami untuk penjadwalan”, tambah Muhammad Yusuf, Manager Marketing Training SFP menutup pembicaraan. *MY

Lihat juga

Bersinergi Mengatasi Sampah Perkotaan

Permasalahan lingkungan tidak bisa hanya ditangani dari perspektif lingkungan tetapi harus juga melibatkan aktor-aktor lain …