Depan : Berita : E-Book Kode Etik Filantropi Mediamassa

E-Book Kode Etik Filantropi Mediamassa

Aktivitas mediamassa dalam menggalang, mengelola dan menyalurkan kedermawanan sosial masyarakat (filantropi) merupakan perwujudan dari kepedulian sosial serta bagian dari fungsi dan peran sosial mediamassa.

Karena hal ini berkaitan dengan kredibilitas mediamassa, maka aktivitas ini harus dilakukan degan cara-cara yang baik, benar, transparan, akuntabel, serta penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, dirumuskan dan disepakatilah Kode Etik Filantropi Mediamassa sebagai perwujudan tanggung jawab kepada masyarakat, penyumbang, mitra dan institusi media sendiri.

Fungsi utama kode etik ini adalah pedoman umum, rujukan, dan instrumen edukasi bagi Pengelola Sumbangan Masyarakat di Mediamassa dalam penggalangan/penerimaan, pengelolaan, serta penyaluran sumbangan masyarakat. Selain itu, kode etik ini juga berfungsi sebagai regulasi internal yang mengikat bagi praktisi media saat menjalankan kegiatan filantropi

Akuntabilitas dan profesionalitas mediamassa dalam mengelola sumbangan masyarakat bisa didorong melalui penerapan kode etik ini. Karena itu, masyarakat perlu memahami kode Etik Filantropi Mediamassa dan mengawal serta mengawasi implementasinya.

Kode Etik Filantropi MediaMassa bisa didownload di sini:
Kode Etik Filantropi Mediamassa (Indonesia)
Kode Etik Filantropi Mediamassa (Inggris)

Lihat juga

Bersinergi Mengatasi Sampah Perkotaan

Permasalahan lingkungan tidak bisa hanya ditangani dari perspektif lingkungan tetapi harus juga melibatkan aktor-aktor lain …