Depan : Buku : Menstrukturkan Fundraising Radio Komunitas

Menstrukturkan Fundraising Radio Komunitas

Judul Buku : Modul Pelatihan Fundraising Radio Komunitas
Penyusun : Nor Hiqmah, Ninik Annisa, Hamid Abidin
Penerbit : Sekolah Fundraising PIRAC dan JRKI
Jumlah halaman : 144 halaman
Terbitan : September 2013

Pendanaan dan Keberlanjutan saat ini menjadi salahsatu problem dan tantangan utama pegiat radio komunitas (rakom).Penelitian yang dilakukan PIRAC bersama JRKI menemukan banyak sekali radio komunitas yang berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Mereka tak mampu lagi bersiaran secara rutin, bersiaran ala kadarnya, bahkan sebagian lainnya sudah tidak aktif bersiaran lagi. Mereka tidak rutin atau tak aktifb ersiaran karena perangkat siaran radio yang mengalami kerusakan, minim nya dana operasional radio, para penyiar yang tak aktif lagi karena pindah daerah atau pindah kerja, dan beberapa faktor lainnya.

Masa depan rakom dan independensinya memang ditentukan oleh seberapa independen radio komunitas dalam memenuhi kebutuhan untuk dapat bersiaran dengan baik. Salah satu diantaranya adalah dengan melakukan fundraising atau penggalangan sumber sumber pendanaan bagi radio komunitas.Radio Komunitas sebagai mana nilai dan semangatnya “dari, oleh dan untuk komunitas” harus terjabarkan dengan benar dalam fundraising.

Namun, kegiatan fundraising bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena para pengelola tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukannya.Selain itu, regulasi masih membatasi radi komunitas menggalang sumber-sumber pendanaan. Misalnya,laranganberiklanwalaupunitudariusaha yang ada di tengahtengahkomunitas. Karenaitu, butuh langkah langkah strategis dan kreatif dalam melakukan penggalangan sumber-sumber pendanaan sehingga radio komunitas tetap bisa eksis dalam bersiaran dan menjalankan peran dan fungsinya lebih baik lagi.

Melihat tantangan dan hambatan media komunitas, terutama radio komunitas, untuk bertahan, berkembang dan berkelanjutan, Sekolah Fundraising PIRAC bekerjasama dengan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) yang didukung oleh Ford Fondation dan Cipta Media Bersama menyusun modul Pelatihan Fundraising untuk Radio Komunitas.

Penyusunan Modul dilakukan berdasarkan pengalaman dan praktek penggalangan dana yang dilakukan oleh berbagai radio komunitas.. Modul disusun sebagai panduan fasilitasi pelatihan fundraising untuk pengelola rakom agar output tiap sesi dalam pelatihan terpenuhi, dan pelatihan mencapai target dari tujuan yang telah ditentukan.

Hadirnya Modul Pelatihan Fundraising untuk Radio Komunitas dimaksudkan untuk membantu menstrukturkan kerja kerja radio komunitas dalam melakukan fundaraising. Modul ini bisa menjadi ruang saling berbagi strategi radio komunitas karena didasarkan pada pengalaman lapangan.Kisahsukses radio komunitas ini bisa menjadi panduan bagi radio komunitas lain untuk menerapkannya dengan berbagai modifikasi yang sesuai dengan kondisi sosial komunitasnya.

Penerbitan modul ini diharapkan bisa mendorong kerja- kerja fundraising dalam radio komunitas makin kreatif, inovatif yang berorientasi pada kemandirian komunitas.

 

Lihat juga

Menilai Tanggung Jawab Sosial Televisi

Menilai Tanggung Jawab Sosial Televisi

Buku ini merupakan hasil penelitian yang berusaha mendeskripsikan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *