Depan : Berita : Kewirausahaan sebagai Strategi Keberlanjutan Radio Komunitas

Kewirausahaan sebagai Strategi Keberlanjutan Radio Komunitas

DEPOK – Baru-baru ini, tepatnya hari selasa hingga kamis tanggal 3 sampai 5 September 2013, Sekolah Fundraising bersama JRKI menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk radio komunitas di Griya Alam Ciganjur Depok. Pelatihan diikuti oleh 32 pengiat radio komunitas se pulau Jawa. Mereka datang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Pelatihan ini difasilitatosi oleh Rommy Heryanto, seorang konsultan bisnis Fortier Indonesia dan Young Enterpreneur StartUp Indonesia Bisnis Link yang juga merupakan komisaris dari PT RA Mandiri Yogyakarta.

Ide untuk membuat pelatihan ini berawal dari riset strategi keberlanjutan radio komunitas yang dilakukan oleh PIRAC. “Dari hasil temuan lapangan nampak bahwa pengembangan unit usaha radio komunitas menjadi strategi jitu untuk menombang keberadaan radio komunitas’, ungkap Ninik Annisa Manager Penelitian PIRAC. “Karena itulah kami melihat pentingnya pelatihan kewirausahaan untuk radio komunitas, agar radio komunitas memahami strategi usaha yang telah banyak juga dilakukan oleh radio komunitas lain di Indonesia”, tambah Ninik Annisa.

Pelatihan Kewirausahaan untuk Radio Kumunitas ini bertujuan memberikan dan meningkatkan pemahaman atas peluang-peluang usaha yang dimiliki dan bisa dilakukan oleh radio komunitas. Manger Sekolah Fundraising, Nor Hiqmah mengungkapkan bahwa pelatihan kewirausahaan untuk memberikan pengetahuan mengenai aspek-aspek kewirausahaan yang harus disiapkan oleh radio komunitas. Diharapkan pelatihan ini dapat menghapus “mental block” dan meningkatkan rasa percaya diri serta keyakinan untuk dapat dan mampu menangkap peluang-peluang usaha.

Pelatihan kewirausahaan ini terdiri dari 12 sesi diantaranya sesi konsep dasar Wirausaha dan Siklus Perjalanan Pengusaha, Paradigma Bisnis, Sumber Ide Usaha dan Memilih Ide Usaha, Mengidentifikasi Usaha, Strategi pemasaran dan inovasi bisnis, Pembukuan usaha dan sumber pendanaan usaha, Presentasi Bisnis Plan, dan pada akhir sesi ada outbound praktek langsung mengelola usaha dan melakukan pemasaran. Sesi-sesi dalam pelatihan ini tidak hanya berisi tentang pemaparan materi dari narasumber namun juga diskusi, curah pendapat diantara peserta, pemutaran film (audio visual) tentang kewirausahaan dan praktek pengelolaan usaha.

Metode pelatihan menekankan pada motivasi kewirausahaan ini diharapkan mampu menepis keraguan diantara peserta untuk memulai usaha. “Seringkali ada ketakutan untuk memulai usaha, karena itulah pada pelatlihan ini kita tidak hanya menekankan pada teori dan praktek tapi juga motivasi diri “ ujar Nor Hiqmah Manager pelatihan.

Pelatihan didukung oleh Ford Foundation dan Cipta Media Bersama ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pesertas dalam mengimplementasikan atau merintis usaha di radio komunitas sebagai strategi keberlanjutan radio komunitas.

 

 

Lihat juga

Jalan-Jalan Sejarah Keberagaman Depok Tempo Doeloe

SIARAN PERS Kampanyekan Keberagaman, Masyarakat Sipil Depok Gelar Napak Tilas Sejarah   Depok, 13 Agustus 2019  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *