Depan : Berita : Pelatihan Corporate Fundraising, Program STBM di Makasar

Pelatihan Corporate Fundraising, Program STBM di Makasar

High Five adalah Program yang fokus kepada perubahan perilaku higiene dan sanitasi ditingkat rumah tangga dan masyarakat. Dalam mencapai tujuannya High Five menjalankan beberapa strategi, di antaranya adalah pembentukan Pokja STBM Kelurahan sebagai mitra implementasi STBM di level komunitas.

Tahun 2013, High Five mulai memasuki tahun ke-3 pelaksanaan program. Pada tahun ke tiga implementasi ini, isu kemandirian dan keberlanjutan program termasuk kemandirian dan keberlanjutan Pokja STBM Kelurahan sebagai mitra dilevel komunitas, menjadi perhatian dan prioritas pelaksanaan program, terutama dikaitkan dengan efektifitas pencapaian STBM secara berkelanjutan.

Seperti diketahui bahwa strategi nasional STBM dalam implementasinya menganut prinsip non subsidi. Prinsip ini juga berlaku dalam kaitan pengembangan dan pendampingan terhadap Pokja STBM Kelurahan, dimana dukungan yang diberikan lebih banyak dalam bentuk technical assistance dan peningkatan kapasitas melalui berbagai pelatihan, horizontal learning dll.

Berangkat dari pemikiran dan latar belakang sebagaimana disampaikan, High Five mencoba memenuhi ekpektasi dan kebutuhan warga di pokja STBM kelurahan, tentang bagaimana kiat dan keterampilan dalam melakukan fundraising bagi Pokja STBM Kelurahan sehingga keberlanjutan progtram dan kelembagaan pokja STBM Kelurahan dipastikan bisa tercapai.

Kiat dan strategi tersebut termasuk antara lain adalah cara menggalang dukungan dan sumber daya untuk keberlanjutan program dan kelembagaan, pembuatan strategi penggalangan dana/daya yang efektif, mengidentifikasi sumber dana/daya dapat diperoleh, sumber daya/donatur, baik dari individual maupun kelembagaan dan swasta. Ketrampilan penggalangan sumberdaya ini untuk memastikan Pokja STBM Kelurahan sebagai Lembaga pelaksana STBM di Komunitas bisa sesuai dengan kriteria donator/pemberi dana, dengan memberikan bekal cara membuat proposal penggalangan dana yang efektif, tim penggalangan dana yang efektif dan ketrampilan dalam membangun hubungan yang baik dengan para donatur/ pemberi dana.

Dalam rangka membekali ketrampilan fundraising ini, High Five bekerjasama dengan Sekolah Fundraising PIRAC untuk memberikan pelatihan selama 3 hari yaitu tanggal 21 – 23 Januari 2014 di Hotel Santika, Makasar.

Pelatihan ini berlangsung sangat dinamis. Setiap sesi yang dilalui selalu diikuti dengan serius tapi santai oleh peserta. Pesertapun sangat antusias dalam tiap sesi baik pada saat presentasi/pemaparan materi maupun pada saat diskusi kelompok. Hampir semua peserta terlibat dalam diskusi dan presentasi dari tiap diskusi kelompokpun berjalan secara bergiliran sehingga semua peserta merasakan pembelajaran secara merata.

Secara keseluruhan pelatihan telah mencapai hasil dan tujuan yang diharapkan. Dari hasil evaluasi peserta atas tujuan, materi, metode dan fasiltator serta akomodasi/fasiltias penunjang pelatihan nampak terlihat peserta puas terhadap penyelenggaraan pelatihan.

Lihat juga

Nelurusin Sejarah, Mungutin Sampah

Siaran Pers Napak Tilas Ciliwung  Jembatan Panus Bangun Ruang Kesadaran Sejarah dan Kecintaan Alam Lingkungan …