Depan : Berita : SF PIRAC Luncurkan Program Fundraiser Development

SF PIRAC Luncurkan Program Fundraiser Development

DEPOK – Sekolah Fundraising PIRAC kembali meluncurkan program dan inovasi baru untuk mengembangkan kegiatan fundraising (penggalangan dana dan sumber daya) di Indonesia. Program yang diberi nama “FUNDRAISER DEVELOPMENT: Training dan Rekrutmen Calon fundraiser Profesional” ini merupakan terobosan PIRAC guna mencetak calon fundraiser (penggalang dana dan sumber daya) professional yang banyak dicari dan dibutuhkan LSM, yayasan sosial, LAZIS/BAZIS dan lembaga filantropi di Indonesia. Program ini secara spesifik diperuntukkan bagi anak muda berusia di bawah 35 tahun yang telah lulus D3/S1 atau mahasiswa tingkat akhir yang ingin mengembangkan karier dan profesi sebagai fundraiser professional.

Program ini diselenggarakan mulai awal September di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Jakarta, Bandung, Jogjakarta dan Surabaya. Untuk tahap awal, program FUNDRAISER DEVELOPMENT akan digelar di Universitas Indonesia (bekerja sama dengan Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial) dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (bekerja sama dengan Prodi Kesejahteraan Sosial) yang kemudian disusul dengan kampus-kampus lainnya. Mahasiswa maupun fresh graduate perguruan tinggi bisa mengikuti program ini secara GRATIS dengan mendaftar melalui Sekolah Fundraising PIRAC maupun Fakultas atau Program Studi perguruan tinggi yang menjadi mitra pelaksanaan program ini.

Melalui program FUNDRAISER DEVELOPMENT ini, Sekolah Fundraising PIRAC akan melatih para mahasiswa dan pemuda untuk menjadi calon fundraiser professional. Peserta program akan dibekali pengetahuan dan keterampilan dasar fundraising, seperti pemahaman mengenai prinsip dan dasar-dasar fundraising, teknik identifikasi donatur, pengenalan berbagai metode fundraising, dan sebagainya. Mereka selanjutnya akan disalurkan dan ditempatkan di berbagai LSM nasional dan internasional serta LAZIS/BAZIS, yayasan sosial dan lembaga filantropi yang membutuhkan. Selain memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan bagi mahasiswa dan anak muda, program ini juga bertujuan untuk menciptakan peluang kerja baru, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan lembaga sosial dan filantropi yang membutuhkan tenaga fundraiser professional.

Saat ini di negara maju maupun negara-negara berkembang seperti Indonesia, profesi fundraiser mulai menjadi profesi yang prestisius dengan gaji besar, tunjangan yang bagus dan jenjang karir yang menjanjikan. Profesi ini terus meningkat kebutuhannya dan makin banyak diminati seiring bertumbuhkembangnya organisasi non profit di Indonesia maupun di negara-negara lainnya.

Profesi fundraiser profesional sangat penting bagi organisasi sosial karena pendanaan dan keberlanjutan organisasinya salah satunya ditentukan oleh profesi ini. Profesi fundraiser diandalkan untuk mampu menawarkan “program-program sosial” yang dikelola organisasi dan meningkatkan dukungan masyarakat serta stakeholder lainnya (perusahaan, pemerintah, lembaga donor, dll) bagi pendanaan program dan keberlanjutan organisasi. Profesi ini berfungsi sebagai intermediary atau “penghubung kebajikan” antara masyarakat yang membutuhkan bantuan dengan orang atau lembaga yang akan memberikan bantuan.

Lembaga sosial/ nirlaba, perguruan tinggi maupun mahasiswa dan kawula muda di wilayah Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, dan Surabaya yang berminat dan ingin berpartisipasi dalam program ini bisa menghubungi:

Sekolah Fundraising PIRAC
Jl. M.Ali No.2 Rt.03/ Rw.04
Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat 16426
Telp. 021-7756071
Email: pirac@pirac.org dan sekolahfundraising@gmail.com
Facebook: lembaga pirac dan sekolahfundraising
Twitter: pirac1

Kontak person:
Nor Hiqmah: 0815 950 8292
Bahriyah: 0856 9764 1384

Happy Fundraising

Lihat juga

Siaran Pers : Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Selera

PRESS RELEASE Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Selera PT Indofood berkomitmen memberikan kontribusi pada kesejahteraan …