Depan : Berita : Lokakarya TAF – Mitra Maju “Mobilisasi Sumber Daya untuk akses terhadap Keadilan”

Lokakarya TAF – Mitra Maju “Mobilisasi Sumber Daya untuk akses terhadap Keadilan”

Saat ini sebagian besar organisasi masyarakat sipil (OMS) sumber pendanaan untuk kegiatannya banyak bergantung pada hibah dan lembaga dana. Di sisi lain, lembaga pemberi dana dan hibah sudah mulai mengurangi bantuan pendanaan kegiatan organisasi masyarakat sipil (OMS). Pentingnya menjaga keberlanjutan program yang ada dalam organisasi masyarakat sipil tentu membutuhkan dana terus menerus, jadi tidak diragukan lagi bahwa mobilisasi dana dan sumberdaya menjadi perhatian yang sangat penting di setiap institusi / organisasi. Mobilisasi dana dan sumberdaya tentu bukan aktivitas ad hoc atau temporal melainkan proses kontinyu yang mendasari analisis konteks organisasi (rencana strategis, rencana kerja, status organisasi, dll.) Dan kesempatan untuk memaksimalkan kesempatan pencapaian, dampak, dan kinerja organisasi.

Bersandar pada pentingnya mobilisasi sumber daya dan dana yang komplit dan terorganisasi, maka diperlukan kegiatan lokakarya yang bisa membedah peluang-peluang dan kesempatan mengelola sumber daya dan dana yang ada dan bisa dijangkau. Berkaitan dengan itu, The Asia Foundation (TAF)  melalu program MAJU (Empowering Access to Justice ) mengadakan lokakarya tentang “Mobilisasi Sumber Daya untuk akses terhadap Keadilan”.  

Kegiatan lokakarya ini diselenggarakan pada 14 -15  Agustus 2017 di  Hotel Gran Mahakam, Jakarta.  Peserta lokakarya ini merupakan mitra MAJU – TAF yaitu ALDP, Arus Pelangi, ELSAM, INCLE, KPPAI, LBH APIK Jakarta, LBH Bandung, LBH Jakarta , LBH Semarang, LBH Surabaya, LBH Yogjakarta, Paradi Tasik, PSK, YAPPIKA, dan YLBHI.

Lokakarya ini ini berharap ada peningkatan kesadaran akan peluang, dan kemungkinan masalah, yang terkait dengan strategi mobilisasi sumber daya alternatif. Mobilisasi sumber daya dalam konteks ini mengacu pada kegiatan yang melibatkan pengamanan sumber daya baru dan tambahan dan melibatkan penggunaan, dan memaksimalkan, sumber daya yang ada dengan lebih baik.

Secara umum tujuan dari lokakarya ini adalah untuk mengidentifikasi strategi efektif untuk mobilisasi sumber daya dan untuk menghubungkannya dengan praktik pendanaan berkelanjutan. Lokakarya ini akan berfokus pada cross-learning antara peserta dan akan melibatkan metodologi pembelajaran aktif untuk mendukung peserta dengan mengembangkan rencana aksi mobilisasi sumber daya untuk organisasi masing-masing.

Tujuan khusus dari kegiatan Lokakarya ini yaitu :
1. Untuk memfasilitasi pembelajaran silang antara mitra MAJU dengan cara terbaik untuk memobilisasi sumber daya;
2. Mengembangkan strategi mobilisasi sumber daya dan rencana aksi, atau untuk merencanakan rencana mobilisasi rencana pelanggan dengan baik jika mereka sudah memilikinya;
3. Memotivasi profesional utama mitra MAJU untuk menerapkan strategi penghasil sumber daya yang sesuai untuk keberlanjutan dan pertumbuhan.

Lihat juga

Diskusi Publik : Kesiapan Lembaga Filantropi dalam Mendukung Pencapaian SDGs di Indonesia

  Untuk meningkatkan peran dan kontribusi lembaga-lembaga filantropi dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia, Filantropi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *