Depan : Berita : Membangun Kemitraan untuk Penguatan Ekonomi Lokal Masyarakat Desa Ciketing

Membangun Kemitraan untuk Penguatan Ekonomi Lokal Masyarakat Desa Ciketing

Program Desa Mitra di Kelurahan Ciketing Udik, Bantargebang, Kota Bekasi telah berjalan hampir delapan tahun dari 2011 hingga 2019.  Program Desa mitra PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini telah memiliki bekal yang cukup dan siap untuk melakukan kegiatan pemberdayaan di lingkungannya secara mandiri. Selama program masyarakat sudah dibekali dengan berbagai keahlian melalui pelatihan pembuatan makanan olahan rumah seperti pembuatan mie ayam, abon ayam dan nangka, jajanan pasar serta roti tawar dan roti manis.

Dari pelatihan tersebut kemudian mulai muncul sejumlah pelaku wirausaha. Mereka antara lain memproduksi roti, jajanan pasar, mie ayam, rempeyek dan abon. Selain mendapatkan keterampilan mengolah makanan bernilai ekonomis, sebagian peserta juga memperoleh bantuan peralatan membuat mie dan kue serta peralatan memasak lainnya.  Hasil penjualan usaha makanan para kader Posdaya tersebut dapat membantu perekonomian keluarga. Munculnya sejumlah pelaku wirausaha mendorong untuk pembentukan koperasi yang mewadahi pelaku usaha agar mampu berusaha secara maksimal.

Paska pembentukan koperasi muncul program baru peningkatan kapasitas masyarakat dalam penguatan ekonomi lokal melalui koperasi selera yang dikerjasamakan dengan PIRAC (Public Interest Research and Advocacy Center) dengan dukungan dari Nama Foundation. Program akan memperkuat managemen organisasi Koperasi Selera melaluai coaching implementasi pelaksanaan koperasi, peningkatan kapasitas untuk pengelolaan organisasi melalui berbagai pelatihan pengembangan usaha dan manajemen organisasi.

Pada Selasa, 2 April 2019, rapat koordinasi untuk program baru ini dilakukan dengan PT Indofood, Nama Foundation dan PIRAC. Rapat koordinasi ini memperkenalkan tentang Nama Foundation dan program Desa Mitra.  Rapat dihadiri oleh Dasril Buntara, Direktur Eksekutif NICE perwakilan Indonesia Nama Foundation, Deni Puspohati Head CSR PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Nor Hiqmah Direktur Ekesekutif PIRAC dan beberapa staf dari Indofood, NICE dan PIRAC.

Program peningkatan kapasitas masyarakat dalam penguatan ekonomi lokal  ini merupakan sinergi kerjasama antara pihak swasta, CSO dan pemerintah lokal. Kemitraan antar sektor ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas manajemen organisasi Koperasi Selera untuk mengoptimalkan kinerjanya agar lebih berdaya dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar.

 

 

Lihat juga

Filantropi untuk Bantuan Hukum di Indonesia

Kedermawanan sosial atau biasa juga disebut filantropi di Indonesia berkembang pesat dalam sepuluh sampai lima …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *