Depan : Berita : Siaran Pers : Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Selera

Siaran Pers : Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Selera

PRESS RELEASE

Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Selera

PT Indofood berkomitmen memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan. Komitmen tersebut dilaksanakan melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang menitikberatkan pada pengembangan pemberdayaan masyarakat melalui Program Desa Mitra Indofood. Program ini bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan dengan tujuan mendorong kemandirian masyarakat agar dapat memberdayakan diri sendiri dan lingkungannya untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Program Desa Mitra ini dimulai sejak tahun 2011 bermitra dengan Posdaya Delima VII RW 08 Kelurahan Ciketing Udik. Setelah Program Desa Mitra di Ciketing Udik berlangsung selama delapan tahun, sinergi antara Indofood dan pemangku kepentingan lainnya seperti organisasi kemasyarakatan serta aparat pemerintah setempat telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Salah satu hasil yang penting pada program tersebut adalah terbentuknya unit usaha baru yang diberi nama POJOK SELERA.

POJOK SELERA di bawah binaan Indofood telah aktif melakukan sejumlah pelatihan pembuatan roti dan aneka kue kepada berbagai kelompok ibu-ibu di berbagai daerah. Hal ini dimungkinkan karena pertama, POJOK SELERA telah memiliki sejumlah pelatih (Trainer) yang kompeten dan dilatih langsung dalam program pemberdayaan Indofood. Kedua, POJOK SELERA memiliki peralatan yang memadai untuk menjalankan pelatihan pembuatan roti dan aneka kue. Peralatan tersebut juga merupakan bantuan dari Indofood. Beberapa pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan telah memunculkan sejumlah wirausaha yang mampu memberikan penghasilan bagi keluarga masing-masing dan menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Berkat hasil positif ini, Program Desa Mitra Indofood kemudian mengembangkan program pada pembangunan insititusi untuk penguatan ekonomi masyarakat melalui program pembentukan koperasi untuk menaungi usaha yang telah dibentuk oleh masyarakat.

Sebelum terbentuknya Koperasi, ibu-ibu POSDAYA pernah menjalankan program ekonomi bergulir kepada para anggotanya yang sebagian besar memiliki usaha  namun menghadapi sejumlah kendala yakni: (1) belum ada legalitas hukum; (2) lemahnya pengelolaan kelembagaan dan finansial; (3) belum memiliki program jangka panjang yang dapat menjadi dasar atau arah untuk peningkatan ekonomi.

Program pembentukan koperasi ini bekerjasama dengan PIRAC (Publik Reseach dan Advocacy Center) sejak Bulan Oktober 2018. Program ini bertujuan untuk menguatkan manajemen dan kapasitas organisasi pojok selera yang akhirnya diwadahi dalam koperasi yang diberi nama Koperasi SELERA (Sejahtera, Lestari, Rahardja). Koperasi dianggap menjadi wadah yang pas bagi ibu-ibu POSDAYA RW 08, untuk membangun posisi tawar mereka dalam meningkatkan kualitas ekonomi secara bersama sehingga dapat menanggulangi kemiskinan serta ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan kaum perempuan.

PIRAC melakukan pelatihan dan pendampingan dalam menfasilitasi terbentuknya rapat anggota koperasi, pembuatan Standar Operational Procedure/SOP koperasi, melatih administarsi dan manajemen keuangan anggota koperasi. Saat ini, proses pembentukan koperasi sudah berhasil dilakukan dan sudah sah secara legalitas. Terbentuknya Koperasi SELERA tidak terlepas dari dukungan PT Indofood yang mendorong pemberdayaan ekonomi di Desa Ciketing Udik agar dapat terus berjalan baik serta berkelanjutan.

Saat ini Koperasi SELERA juga sudah mulai menjalankan kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk membekali keberlanjutan koperasi ke depannya antara lain melalui pelatihan pengelolaan manajemen koperasi, pelatihan usaha, dan pelatihan-pelatihan lainnya yang diperlukan.

Dalam rangka memperkenalkan Koperasi SELERA kepada publik yang lebih luas, serta untuk menggemakan gerakan koperasi di tanah air, pengurus Koperasi SELERA mengadakan sebuah acara yaitu “Peluncuran Koperasi SELERA” yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 24 April 2019, pukul 08.30-13.00 WIB, bertempat di Balai RW 08 Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Acara peluncuran Koperasi SELERA menghadirkan sejumlah undangan dari pihak-pihak terkait seperti Kementerian Usaha Kecil dan Koperasi, Dinas Koperasi Kota Bekasi, perwakilan PT Indofood, Aparatur pemerintahan desa dan Kecamatan Bantar Gebang, masyarakat dan tokoh masyarakat, POSDAYA RW 08 Kecamatan Bantar Gebang, serta undangan dari penggiat Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang memiliki perhatian pada dunia perkoperasian dan pemberdayaan masyarakat.

Peluncuran Koperasi SELERA dikemas dalam event yang melibatkan masyarakat pelaku usaha, pemerintah daerah dan pengurus koperasi serta PT Indofood dan PIRAC sebagai perwujudan sinergi sector pemerintah, swasta dan pemerintah sipil. Selain acara resmi peluncuran Koperasi yang ditandai dengan pembukaan plang nama koperasi, acara ini juga menampilkan lomba tumpeng produk PT Indofood, hiburan dan bazar produk masyarakat untuk memperkenalkan usaha masyarakat ke public yang lebih luas. Harapan ke depan koperasi ini dapat menjadi payung usaha masyarakat dan penguatan ekonomi di Bantar Gebang Bekasi.

Konfirmasi Pemberitaan bisa menghubungi:

PIRAC  (Public  Interest  Research  and  Advocacy  Center)

Jl. M. Ali No. 2 Tanah Baru Beji – Depok Jawa Barat 16426

Telp/fax: 021 – 7756071 email: pirac@pirac.org

Web: www.pirac.org dan www.sekolahfundraising.com

 

Kontact Person:

Nor Hiqmah (Direktur Eksekutif) Hp. 0815 9508292

Samsul Maarif (PO Publikasi) Hp. 085284263583

Ari Syarifudin (Manager Program) Hp. 081291651819

Lihat juga

Jalan-Jalan Sejarah Keberagaman Depok Tempo Doeloe

SIARAN PERS Kampanyekan Keberagaman, Masyarakat Sipil Depok Gelar Napak Tilas Sejarah   Depok, 13 Agustus 2019  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *