Depan : Berita : Lomba Kreasi Tumpeng Indofood dan  Koperasi Selera

Lomba Kreasi Tumpeng Indofood dan  Koperasi Selera

Dalam rangka memperingati hari Kartini dan sosialisasi peluncuran Koperasi  SELERA (Sejahtera Lestari Rahardja), pengurus koperasi Selera mengundang kader PKK dari RT/RW dan warga setempat Kelurahan Ciketing untuk mengikuti lomba tumpeng Indomie.  Lomba ini dilakukan pada hari Rabu, 24 April 2019 bertempat di Balai Warga RW 05 Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi, Propinsi Jawa Barat.

Salah satu syarat  perlombaan  tumpeng yaitu bahan baku tumpeng harus menggunakan bahan baku mi instan Indomie. PT Indofood menyediakan  bahan baku mie instan sebagai dukungan untuk perlombaan tersebut. Perlombaan  ini diikuti oleh 13 peserta dari RT di RW 05 yang ada di Kelurahan Ciketing. Selain tumpeng, ada juga beragam makanan lain yang dilombakan dengan bahan baku  indomie seperti risol, dimsum, telur gulung, sosis gulung yang semuanya menyertakan bahan Indomie.

Perlombaan tumpeng ini diharapkan tumbuhnya kreativitas para ibu di desa Ciketing dalam mengolah bahan baku mie instan. Kreativitas menjadi nilai penting dalam penilaian.  Tim juri sudah menentukan calon pemenang dengan kriteria yang sudah disiapkan. Adapun kriterianya adalah  item penampilan, rasa dan kesesuaian harga.  Penampilan yang dinilai terkait model, inovasi, bentuk yang menarik dari tumpeng yang disajikan.  Rasa yang dinilai terkait kekhasan rasa, cita rasa yang pas dan enak. Sedangkan kesesuian harga, dinilai dari biaya pembuatan tumpeng yang tidak terlalu mahal antara Rp.  100 ribu sampai Rp. 200 ribu.

 

Melihat ragam kreativitas tinggi, aneka tumpang yang berbagai bentuk dan warna-warni tumpeng, tim juri sempat mengalami pusing untuk menentukan pemenangnya.  Akhirnya setelah melalui proses penjurian, pemenang lomba tumpeng ini adalah perwakilan dari kelompok ibu-ibu RT 8. Kelompok ini berhasil memikat juri karena penampilan tumpeng RT 8 yang keren dan bagus.  Penampilan tumpeng dengan lauknya dominan dari indomie, penampilannya juga  cantik, rasanya enak dan biayanya relative lebih murah sekitar Rp. 150 ribu. Pemenang mendapatkan hadiah cantik dan uang tunai dari Indofood. (NH)

Lihat juga

Kuliah Umum Ekonomi Berbasis Kebudayaan untuk Pembangunan Manusia Indonesia

Cultural Economics Public Lecture Pemerintah telah menyatakan akan fokus pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *