Depan : Berita : Pers Release : Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi SELERA

Pers Release : Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi SELERA

PRESS RELEASE

Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi SELERA

Pembentukan Koperasi SELERA merupakan upaya untuk mewadahi usaha-usaha komunitas yang telah berkembang sehingga diperlukan modal yang cukup dan peningkatan kapasitas masyarakat untuk pengembangan usaha.

Berawal dari Program POJOK SELERA yang dimulai tahun 2011 kerjasama PT Indofood dengan Posdaya Delima VII RW 08 Kelurahan Ciketing Udik tercetuslah gagasan untuk membentuk wadah baru bagi peningkatan ekonomi masyarakat Desa Ciketing Udik. Gagasan ini muncul dari perkembagan Program POJOK SELERA yang aktif melakukan sejumlah pelatihan pembuatan roti dan aneka kue kepada berbagai kelompok ibu-ibu di berbagai daerah. Beberapa pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan telah memunculkan sejumlah wirausaha yang mampu memberikan penghasilan bagi keluarga dan menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Pada tahun 2018, pengiat POJOK SELERA bersepakat membentuk Koperasi sebagai wadah peningkatan penghasilan dan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini difailitasi oleh PIRAC (Public Interest Research & Advocacy Center) dengan dukungan PT Indofood yang kemudian dilanjutkan oleh Nama Foundation. Program kemitraan yang mewakili 4 sektor dari Masyarakat Sipil, Swasta, Donor internasional dan Pemerintah lokal ini merupakan program dengan bendera penguatan ekonomi masyarakat melalui pembentukan koperasi dan peningkatan kapasitas pengelolaan koperasi serta keterampilan pengembangan usaha.

Program ini telah menghasilkan pengesahan koperasi dengan nama SELERA yang berarti Sejahtera, Lestari, Rahardja. Bu Anne ketua Koperasi Selera mengatakan bahwa “Semangat dari pemberian nama koperasi SELERA ini berharap bahwa Koperasi dapat memberikan kesejahteraan, berkelanjutan dan kemakmuran bagi seluruh warga”.

Pada hari Rabu, 18 September 2019, Koperasi SELERA menyelenggarakan acara syukuran menempati kantor baru di Perum Taman Rahayu Regency RT 10/08 kelurahan Ciketing Udik kecamatan Bantargebang kota Bekasi. Hadir dalam acara tersebut seluruh pengurus dan anggota koperasi, RT/RW, aparat kelurahan, kecamatan, PT Indofood, PIRAC dan Nama Foundation. Menurut Nor Hiqmah Fasilitator PIRAC mengatakan bahwa “Koperasi dianggap menjadi wadah yang pas bagi ibu-ibu POSDAYA RW 08, untuk membangun posisi tawar mereka dalam meningkatkan kualitas ekonomi secara bersama sehingga dapat menanggulangi kemiskinan serta ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan kaum perempuan”. Harapan ke depan koperasi ini dapat menjadi payung usaha masyarakat dan penguatan ekonomi di Bantar Gebang Bekasi.

Lihat juga

Peringati Hari Ciliwung, Komunitas Depok Gelar Pameran dan Diskusi di Pinggir Sungai

Depok, 17 November 2019  – Dalam rangka memperingati Hari Ciliwung ke-8, komunitas cinta sungai Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *