Depan : Berita : SDG PIPE memberikan Penghargaan Bagi Kontribusi Nyata Kaum Muda untuk Indonesia

SDG PIPE memberikan Penghargaan Bagi Kontribusi Nyata Kaum Muda untuk Indonesia

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” – Soekarno

Quote ini bisa kita jadikan refleksi Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 dengan tema ‘Bersatu Kita Maju’ sebagai simbol bersatunya semua elemen pemuda bangsa Indonesia dalam mewujudkan visi kepemimpinan Nasional Bangsa yakni SDM unggul. Hal ini sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh SDG PIPE (Sustainable Development Goals Pemuda Indonesia Penggerak Perubahan), sebuah program untuk mengidentifikasi dan mendorong potensi pemuda penggerak perubahan di Indonesia, agar mereka dapat merealisasikan inovasi berdampak sosial di masyarakat.

Fonnyta Amran, Ketua Konsorsium SDG PIPE 2019 mengungkapkan bahwa Indonesia memang dikenal negara yang kaya dengan sumber daya alam maupun manusia yang jumlahnya berlimpah. Namun ia juga masih ditemui banyak masalah di berbagai bidang seperti lingkungan, pendidikan, kesejahteraan maupun kesehatan. Diperlukan pemuda pemuda yang memiliki pemahaman baik terhadap komunitas mereka, kemampuan mengatasi masalah yang inovatif, dan semangat yang tinggi untuk menggerakkan perubahan.

Dalam Awarding SDG PIPE 2019 yang dilakukan di Ruang Komunal Indonesia ini diberikan apresiasi kepada 10 inovasi kategori digital dan nondigital dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Jakarta, Pontianak, Malang, Bali, Papua, Tangerang dan Jawa Tengah. Beberapa inovasinya antara lain sistem pengelolaan sampah secara digital, pemberian bantuan hukum dan emosional bagi korban cyber bullying hingga pemanfaatan daun kelor untuk atasi stunting.

Abri Eko Nuryanto asisten deputi kemitraan dan peghargaan pemuda Kementrian Pemuda dan Olah Raga.

Apresiasi sebesar-besarnya bagi Konsorsium SDG PIPE dan selamat kepada 10 Awardee SDG PIPE 2019 ini. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia lainnya untuk bisa berkontribusi bagi Negara sekaligus untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan”. Kata Abri Eko Nuryanto asisten deputi kemitraan dan peghargaan pemuda Kementrian Pemuda dan Olah Raga.

Program SDG PIPE 2019 adalah program kolaborasi Konsorsium SDG PIPE yang terdiri dari Go Global Indonesia, Campaign.com dan PIRAC untuk memberikan apresiasi kepada para inovator muda Indonesia yang sudah memulai gerakan maupun usaha sosial (digital dan non-digital) untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). “Program SDG PIPE mendukung inisiatif pemuda Indonesia untuk mencari solisi dan memberikan berkontribusi pd masyarakat, berbagai inovasi yang berpotensi pada energi terbarukan, lingkungan yang berkelanjutan, peningkatan sumber daya manusia dll untuk kemajuan bangsa Indonesia digagas oleh anak muda. Kami menyebutnya “Kontribusi Kaum Milenial untuk Bangsa” sebagai Changemakers untuk Indonesia.” Ujar Nor Hiqmah dari PIRAC yang merupakan perwakilan dari Konsorsium SDG PIPE.

Program ini juga disponsori oleh Baznas Indonesia, Bank Mandiri, TIFA Foundation, Daya Dimensi Indonesia, Yayasan Sahabat Multi Bintang dan Medco Foundation. Awardee SDG PIPE 2019 menerima kesempatan International Field Training selama 18 hari di Madrid, Spanyol yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-18 November 2019, Program inkubasi peningkatan kapasitas oleh tim Campaign.com, Go Global dan PIRAC serta Hibah sebesar Rp10.000.000 (Sepuluh juta rupiah) untuk pengembangan inovasinya.

“Terima kasih saya sampaikan kepada SDG PIPE 2019. Penghargaan dan pengalaman yang akan saya dapatkan akan menjadi ilmu yang sangat berguna terutama bagi saya pribadi maupun komunitas saya di Papua”. Neas Wanimbo, Awardee SDG PIPE 2019. **

Lihat juga

Pers Release : Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi SELERA

PRESS RELEASE Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi SELERA Pembentukan Koperasi SELERA merupakan upaya untuk mewadahi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *