Depan : Berita : Diskusi Kamisan : Kekuatan Solidaritas Sosial Dalam Melawan Covid-19 di Indonesia

Diskusi Kamisan : Kekuatan Solidaritas Sosial Dalam Melawan Covid-19 di Indonesia

Di sejumlah negara yang tingkat penyebaran Covid-19 tinggi, seperti Italia, Iran, Perancis, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya, partisipasi publik dalam pencegahan Covid-19 cenderung rendah. Rendahnya partisipasi publik di sejumlah negara dikarenakan ketidaksepakatan masyarakat terhadap penerapan metode pencegahan Covid-19 dibeberapa Negara tersebut. Sementara di negara-negara yang mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 (seperti Taiwan, Vietnam, Jepang, Korea Selatan dan sejumlah negara lainnya) tingkat partisipasi publik dalam pencegahan Covid-19 sangat tinggi.

Menurut peneliti LIPI Dini Suryani, dalam konteks mengatasi pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia tergolong sebagai masyarakat sipil yang kuat (strong civil society). Masyarakat sipil yang kuat adalah situasi dimana warga Negara aktif dan memiliki kapasitas untuk mengorganisir dan menggerakkan dirinya dalam perjuangan mempertahankan kepentingannya. Dalam hal ini masyarakat sipil Indonesia menggerakkan diri demi kepentingan untuk bertahan di tengah pandemi baik dalam hal kesehatan maupun ekonomi, serta membantu satu sama lain. Ketika pemerintah masih memikirkan tentang kebijakan bantuan sosial terhadap masyarakat bagi yang terdampak pandemi ini, masyarakat sipil Indonesia sudah lebih dulu bergerak menggalang dan menyalurkan bantuan sosial.

Berbekal permasalahan di atas, lembaga PIRAC berinisiatif melakukan pemetaan bagaimana modal sosial masyarakat di tengah Pandemi. Nampak terlihat bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan masyarakat selama pandemi. Diskusi ini bermaksud untuk melihat lebih luas partisipasi masyarakat yang telah berkontribusi dalam meminimalisir dampak pandemi terutama dibeberapa wilayah di Indonesia, juga kasus-kasus solidaritas sosial yang ada di masyarakat baik dari aktor/lembaga pengerak maupun dari para survival Covid-19.

Diskusi akan berlangsung secara webinar menggunakan platform Zoom Meeting Cloud dan Youtube Live Streaming. Rencananya kegiatan akan dilaksanakan pada :

Tanggal : 28 Januari 2021
Waktu : 13.00 – 15.00 WIB
Tempat kegiatan :
a. Platform zoom : http://bit.ly/diskusikamisan2801
b. Youtube Live Streaming : http://bit.ly/ytbdiskusikamisan2801

Diskusi ini akan berlangsung interaktif dengan menghadirkan dua narasumber yang dipandu oleh moderator, berikut narasumber dan moderator dalam diskusi kamisan ini:

  1. Nurgroho Iskandar, Peneliti PIRAC (Narasumber dengan tema “Pemetaan Solidaritas Masyarakat di era Covid 19)
  2. dr. Yeni Purnamasari, GM Kesehatan Dompet Dhuafa (Narasumber dengan tema “Inisiatif kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi dampak Covid 19)
  3. Dahlia Rera, Saraswati, (Moderator Diskusi)

Lihat juga

Diskusi Virtual : Meninjau Peran dan Aksi Filantropi dalam Pencapaian SDGs

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di tahun 2020 telah memasuki tahun kelima. Banyaknya target …