Depan : Berita : Peluncuran Platform Digital iHub SimpulMadani

Peluncuran Platform Digital iHub SimpulMadani

Peluncuran Platform Digital iHub SimpulMadani

Pada 9 Februari 2021, KM4NGO (Knowledge Management for NGOs) dan Saraswati meluncurkan platform daring Innovation and Knowledge Hub (iHub) atau “SimpulMadani”. iHub SimpulMadani adalah platform pembelajaran, manajemen pengetahuan, dan berjejaring secara daring yang dikembangkan dengan dukungan dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID) melalui program MADANI Civil Society Support Initiative.

SimpulMadani adalah platform digital berbasis web dan Android yang bertujuan untuk memperkuat organisasi masyarakat sipil (OMS) lokal dan aktivis agar dapat berbagi dan mengakses sumber daya pengetahuan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan organisasi.

“Pemerintah Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), mendukung lembaga-lembaga demokrasi Indonesia dan sangat yakin bahwa organisasi masyarakat sipil memainkan peran penting dalam mendorong demokratisasi dan pemerintahan yang lebih kuat,” kata Deputi Direktur Kantor Ketangguhan Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan USAID Indonesia Anders Mantius. “Saya mengucapkan selamat kepada KM4NGO atas peluncuran platform peningkatan kapasitas ini serta berharap agar OMS dapat terus berkolaborasi dan berjejaring untuk memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia.”

Dalam acara ini, KM4NGO dan Saraswati memperkenalkan fitur iHub SimpulMadani, yaitu: materi pembelajaran secara digital yang dapat diunduh, alat penilaian kapasitas organisasi secara mandiri, dan forum diskusi secara daring. Lebih lanjut, SimpulMadani akan mengembangkan fitur yang dapat menjadi wadah yang mempertemukan OMS dengan pemerintah, mitra pembangunan, dan pihak swasta.  

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Indonesia, OMS Mitra Utama MADANI di 32 kabupaten/kota, lembaga donor internasional dan lokal, OMS, dan akademisi. Pembicara yang hadir dalam acara ini antara lain Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Hukum dan HAM Youngest Non Itah, Deputi Direktur Kantor Ketangguhan Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan USAID Indonesia Anders Mantius, Chief of Party MADANI Hans Antlov, dan Direktur Eksekutif Penabulu/Koordinator KM4NGO Eko Komara.

Eko Komara dalam sambutannya mengatakan, “Kami sangat berharap dengan adanya iHub SimpulMadani dapat membantu para OMS dan aktivis lokal dalam membangun kapasitas dan kompetensi organisasi mereka. Platform ini dapat memainkan peranan penting dalam memenuhi kebutuhan mereka, terutama dalam membangun jaringan dan upaya untuk saling mendukung”. “KM4NGO mengajak seluruh OMS dan aktivis di Indonesia untuk menggunakan dan mengoptimalkan platform ini dalam menambah pengetahuan dan jaringan yang mendukung program kerja organisasi”.

KM4NGO adalah konsorsium empat LSM yang mengelola dan menjaga muatan konten dan informasi di platform tersebut. Empat LSM yang mendukung KM4NGO itu adalah Penabulu, PIRAC, Satudunia dan Sinergantara. Konsorsium ini berbagi tugas untuk membingkai pengalaman dan berkreasi mengemas pengetahuan untuk saling berbagi pengalaman baik.

Lihat juga

Diskusi Virtual : Meninjau Peran dan Aksi Filantropi dalam Pencapaian SDGs

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di tahun 2020 telah memasuki tahun kelima. Banyaknya target …